16 November 2019 11:16 am

Body Mobil Kusam? 9 Cara Ini Membuat Mobil Kembali Kinclong!

Body Mobil Kusam? 9 Cara Ini Membuat Mobil Kembali Kinclong!
Tanpa perlu ke salon, ini cara merawat body mobil agar tetap mengkilap dan kinclong.

Mobil yang sudah dipakai bertahun-tahun umumnya akan terlihat tidak mengkilap lagi. Body mobil bisa baret dan pudar karena pengaruh panas matahari atau hujan. Cara perawatan yang salah, misalnya terlalu sering mencuci mobil dengan sabun pencuci piring, juga bisa menyebabkan cat mobil menjadi kusam.

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi memiliki mobil kinclong seperti baru. Cukup dengan alat dan biaya seadanya, Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Tidak percaya? Berikut beberapa tips merawat mobil agar tetap terlihat kinclong seperti baru.

1. Cuci dengan Sampo Mobil

Sumber : dr-oto
Sumber : dr-oto
Cara pertama yang harus Anda lakukan agar mobil tetap tampil kinclong adalah mencucinya dengan sampo atau cairan pembersih mobil. Produk-produk semacam ini umumnya memiliki formula khusus yang dapat membuat cat mobil tampak lebih mengkilap dan licin.

Cuci mobil dengan sampo khusus secara rutin, sekurang-kurangnya 2 minggu sekali. Idealnya makin sering kendaraan dipakai, makin sering pula ia dibersihkan. Pilih jenis cairan pembersih yang cocok dengan kebutuhan mobil Anda, ya.

2. Cuci setelah Terkena Hujan

Sumber : Medom
Sumber : Medom
Mengendarai mobil saat turun hujan tidak hanya membuatnya kotor terkena lumpur. Air hujan diketahui mengandung senyawa kimia yang dapat merusak cat mobil dan membuatnya terlihat makin kusam. Maka jangan malas untuk mencuci mobil segera setelah terkena hujan. Jangan lupa gunakan cairan pencuci mobil agar kilaunya tetap terjaga.

Jika Anda tak punya banyak waktu, cukup siram seluruh body mobil dengan air bersih dan keringkan dengan lap atau kanebo. Selain dapat memudarkan cat mobil, air hujan juga berpotensi menimbulkan bercak pada kaca/spion yang sulit dibersihkan.

3. Gunakan Hanya Air Bersih

Sumber : Turtlewax
Sumber : Turtlewax
Biasanya karena alasan penghematan, sebagian orang sengaja mencuci mobil dengan air bekas cucian baju. Jika Anda juga sering melakukan hal yang sama, sebaiknya stop mulai sekarang, ya. Selain membuat mobil terlihat kusam, air bekas cucian juga masih mengandung sabun yang akan meninggalkan bercak dan noda yang susah dihilangkan. Karenanya, gunakan hanya air bersih dan mengalir saat mencuci mobil.

4. Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Sumber : Kumparan
Sumber : Kumparan
Sinar matahari adalah faktor terbesar yang menyebabkan cepat kusamnya cat pada body mobil. Maka pastikan Anda selalu memarkir mobil di tempat yang teduh dan terlindungi. Hindari memarkirnya di pinggir jalan, terutama pada siang hari. Selain panas matahari, debu dan kotoran juga membuat kendaraan tampak kusam tak terawat.

5. Gunakan Cover Car

Sumber : Guidetodetailling
Sumber : Guidetodetailling
Untuk melindungi mobil dari efek buruk hujan dan panas matahari, gunakan cover car yang ukurannya sesuai. Jas mobil seperti ini juga efektif untuk menghalau debu, terutama jika mobil tidak akan dipakai dalam waktu lama.

Namun ingat, pastikan mobil sudah betul-betul kering sebelum ditutup dengan cover car. Membungkusnya dalam kondisi masih basah atau lembap akan memicu tumbuhnya jamur dan merusak cat pada body mobil. Agar proses pengeringan lebih maksimal, gunakan lap kain atau kanebo bersih. Setelahnya, diamkan mobil di udara terbuka selama 1-2 jam sebelum membungkusnya kembali dengan cover car.

6. Poles dan Waxing

Sumber : Autonetcare
Sumber : Autonetcare
Poles, waxing, dan compounding adalah cara mengatasi baret atau goresan pada mobil dengan produk khusus. Meski begitu, Anda disarankan untuk mengoleskan compound ke seluruh body mobil agar tampil lebih kinclong dan bebas kusam. Cara mengaplikasikannya juga mudah, lho. Cukup semprotkan compound ke kain bersih, lalu oleskan ke seluruh body mobil. Dalam sekejap kendaraan kesayangan Anda akan terlihat lebih kinclong.

Namun, perlu diperhatikan bahwa produk poles dan compounding tidak begitu disarankan untuk dipakai sering-sering karena dapat mengikis lapisan cat mobil. Pemberian compound dapat dilakukan maksimal 3 bulan sekali.

7. Gunakan Clay Bar

Sumber : Ecomastermaintenance
Sumber : Ecomastermaintenance
Agar mobil kinclong sempurna, bersihkan dengan menggunakan clay bar. Benda berbentuk kotak ini memiliki tekstur yang mirip seperti karet dan efektif mengangkat residu yang menempel pada body mobil. Cara pakainya juga sangat mudah. Keluarkan clay bar dari wadahnya, bentuk pipih, dan usapkan pada seluruh body mobil yang sudah dibasahi dengan arah vertikal. Nantinya clay akan berubah warna menjadi hitam, abu, atau cokelat tergantung jenis kotoran yang diserapnya.

Ingat, pastikan clay bar tetap berada di wadahnya dan tidak jatuh ke tanah agar tak terkontaminasi dengan kerikil/pasir yang dapat menimbulkan gores atau baret pada body mobil saat dipakai.

8. Cuci Mobil Pagi atau Sore Hari

Sumber : Otosia
Sumber : Otosia
Untuk menjaga cat mobil tetap awet, hindari mencucinya pada tengah hari atau di bawah terik matahari langsung. Lebih baik cuci mobil di pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.

Selain merusak cat, sinar matahari juga dapat membuat busa sabun lebih cepat mengering dan meninggalkan kerak pada body atau kaca mobil yang sulit dibersihkan.

9. Pemilihan Lap

Jenis lap yang dipakai ternyata juga berpengaruh terhadap kondisi mobil Anda, lho. Untuk proses pengeringan, Anda lebih disarankan untuk menggunakan kanebo atau lap mobil khusus yang terbuat dari kulit sintetis.

Sebaliknya, hindari memilih lap dari katun atau bahan bertekstur kasar lain karena material semacam ini seringnya menyimpan partikel kecil yang dapat menimbulkan baret pada kaca dan body mobil Anda.

Memilih Pembersih Mobil Terbaik

Sumber : Pelindungmobil
Sumber : Pelindungmobil
Mempraktikkan cara-cara di atas tentu akan lebih mudah dan praktis jika Anda menggunakan produk yang berkualitas. Salah satu merek pembersih mobil yang bagus dan direkomendasikan banyak salon adalah XRainy dari Moormiles

Biaya coating mobil di salon bisa mencapai jutaan rupiah. Nah, dengan XRainy, Anda sudah bisa memiliki mobil dengan efek daun talas yang kinclong cukup dengan sekali poles! Selain praktis dan terjangkau, XRainy juga mengandung formula sealant yang efektif menjaga mobil tetap mengkilap dalam waktu yang lama, lho.

Mobil yang kinclong tentu bikin Anda lebih PD ke mana-mana, kan?
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM