24 Juni 2019 10:01 am

Mencuci Tanpa Air? Kenapa enggak! Ini Cara Mencuci Mobil Tanpa Air Alias Waterless!

Mencuci Tanpa Air? Kenapa enggak! Ini Cara Mencuci Mobil Tanpa Air Alias Waterless!
Saat ini ada teknik baru buat yang malas cuci mobil basah-basahan. Adalah waterless car wash atau cuci mobil tanpa air. Cuci waterless sekarang ini cukup banyak peminatnya sebagai alternatif mobil tampil kinclong dalam waktu singkat tanpa memerlukan sumber air.
Waterless car wash adalah pencucian mobil dengan cairan berbahan khusus yang mampu menangkap kotoran dan debu di bodi mobil dengan kandungan wax yang akan membersihkan dan mengilapkan mobil dalam waktu singkat. Proses mencuci tanpa air ini juga mudah.

Namun, perlu diingat bahwa mobil memang bisa dicuci dengan metode waterless, asalkan bagian yang hendak dibersihkan tidak terkontaminasi dengan tanah. Karena noda tanah ataupun lumpur yang menempel pada mobil sifatnya cepat mengering, sehingga jika tidak dibersihkan dulu dengan menggunakan air, justru berisiko mengakibatkan baret. Noda yang bisa dibersihkan dengan metode waterless ini adalah noda-noda ringan, misalnya noda debu di jalan atau setelah terkena hujan.

Jika ingin melakukan cuci waterless sendiri juga bisa. Umumnya paket cuci waterless ini berbentuk cairan yang dikemas di dalam semprotan. Jadi sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Seluruh bagian bodi mobil, kaca dan velg bisa disemprot dengan cairan pembersih khusus cuci waterless ini tanpa memerlukan bilasan air sedikitpun.

Sebelum melakukan sendiri di rumah, berikut ini adalah cara mencuci mobil tanpa air (waterless) :
  1. Siapkan lap microfiber, pastikan lap dilipat hingga bagian kecil (kurang lebih delapan bagian) sehingga bisa digunakan beberapa kali.
  2. Semprotkan cairan waterless ke bidang yang akan dicuci. Kemudian, lap permukaan bodi satu arah dari bagian atas menggunakan lap microfiber.
  3. Bila sudah selesai membersihkan bagian yang kotor, pastikan lap menggunakan bidang lain agar kotoran yang sudah menempel pada lap tidak akan menggores permukaan bodi. Saat membersihkan permukaan bodi sebaiknya dilakukan per panel agar hasil lebih maksimal.
  4. Bila sudah setengah kering, lap lagi menggunakan lap microfiber yang masih kering sampai permukaan benar-benar kering. Selain untuk bodi mobil, cairan waterless juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian-bagian lain pada mobil seperti kaca dan juga lampu.

Mobil pun akan terlihat mengilap dan bersih setelah melakukan langkah-langkah diatas. Bisa dilihat juga bahwa hanya membutuhkan sangat sedikit air bahkan tidak perlu pakai air sama sekali untuk membersihkan mobil dengan cara tersebut.

Namun kuncinya tetap harus telaten dalam mengelap mobil dengan lap kain serta teliti ketika menyemprot badan mobil dengan cairan pembersihnya.
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM