16 November 2019 1:11 pm

Tak Perlu ke Salon, Ini 9 Cara Mudah Bersihkan Interior Mobil!

Tak Perlu ke Salon, Ini 9 Cara Mudah Bersihkan Interior Mobil!
Ingin bersihkan bagian luar dan dalam mobil tanpa harus ke salon? Gunakan pembersih interior mobil terbaik!

Selain menjaga kebersihan body mobil, Anda juga harus memperhatikan bagian dalam alias interiornya. Menjaga kebersihan interior kendaraan tidak hanya membuat Anda nyaman mengemudi, tapi juga menjaga kondisi serta nilai mobil itu sendiri.

Ingat, jangan sampai mobil kesayangan Anda menjadi sarang sampah, debu, atau bahkan jamur. Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan di bengkel, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar interior mobil tetap bersih dan wangi.

1. Singkirkan Sampah

Sampah biasanya akan menumpuk di dalam mobil setelah dikendarai, terutama saat perjalanan jauh seperti mudik atau liburan. Yang harus Anda lakukan adalah membersihkan sampah-sampah mobil secara rutin.

Selain mengganggu kenyamanan berkendara, sampah yang dibiarkan menumpuk lama-kelamaan menjadi sarang nyamuk dan jamur yang bisa merembet ke bagian mobil lainnya. Sayang, kan, mobil bagus tapi jamuran?

2. Bersihkan Dashboard

Sumber : Dream
Sumber : Dream
Dashboard adalah komponen interior mobil yang paling banyak terkena paparan matahari dan debu. Malas membersihkan dashboard akan membuat warnanya memudar dan retak. Selain mengelapnya dengan kemoceng atau kain basah, gunakan juga cairan pembersih dashboard mobil agar makin bersih maksimal.

Namun ingat, jangan menekan atau menggores terlalu keras karena ini akan menimbulkan baret pada dashboard. Untuk menyapu sela-sela dashboard yang sulit dijangkau dan blower penyejuk udara, gunakan saja sikat atau kuas berukuran kecil. Tombol-tombol pada dashboard juga mesti dibersihkan dengan rutin. Selain menggunakan lap basah, Anda juga bisa memanfaatkan sikat gigi yang lembut untuk menjangkau sela-sela tombol yang sulit dijangkau. Pastikan tidak ada air yang masuk dan mengganggu fungsi tombol tersebut.

3. Bersihkan Jok dan Pelapisnya

Sumber : Liputan6
Sumber : Liputan6
Saat membersihkan interior mobil, jok juga tidak boleh luput dari perhatian. Jok yang kotor akan membuat Anda gatal-gatal tak nyaman saat duduk. Khusus untuk jok dari kulit asli, semprotkan cairan pembersih interior mobil dan lap menggunakan kanebo setengah kering.

Nah, untuk jok berbahan beledu, Anda bisa memakai sikat berbulu halus, cairan pembersih, dan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Jok tidak perlu dicuci, yang penting bersih dan tidak lembap.

4. Lap Plafon

Sumber : Jakarta City Car
Sumber : Jakarta City Car
Plafon mobil yang tidak dirawat dengan baik akan cepat kotor, sobek, dan bahkan rusak. Untuk membersihkannya, gunakan lap basah dan gosokkan secara lembut pada permukaan plafon. Jika terdapat noda pada plafon, sebaiknya hindari menggunakan sabun yang dapat merusak tekstur kain/material plafon.

Alternatifnya, gunakan cairan pembersih mobil khusus yang dapat dibeli di toko-toko atau bengkel otomotif. Pastikan juga lapisan wol di luar plafon sudah benar-benar kering setelah dibersihkan. Plafon mobil yang lembap akan menimbulkan jamur dan bau apek yang mengganggu kenyamanan berkendara Anda sekeluarga.

5. Sapu Karpet Mobil

Bagian interior mobil yang paling cepat kotor biasanya adalah karpet. Wajar, sebab aksesori tambahan ini adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan alas kaki Anda. Selain lumpur dan kotoran, bekas makanan dan minuman yang tumpah juga akan membuat karpet cepat kotor.

Cara paling efektif membersihkannya tentu dengan menyapu atau bila perlu mencucinya. Gunakan sabun dan sikat agar karpet lebih cepat bersih. Oh ya, Anda juga disarankan memilih karpet berbahan karet dibandingkan kain karena lebih mudah dibersihkan.

Namun bila Anda telanjur memilih karpet mobil berbahan dasar kain, berikut beberapa tips membersihkan yang bisa dicoba:

- Keluarkan karpet dari mobil.
- Sikat seluruh permukaan karpet dengan bulu sikat yang halus agar debu dan kotoran terangkat.
- Jika terdapat noda pada karpet, semprotkan cairan stain remover.
- Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan lap basah sampai bersih. Pastikan kondisi karpet sudah betul-betul kering sebelum kembali dipasang.

6. Bersihkan AC

Sumber : Autolounge
Sumber : Autolounge
AC adalah salah satu komponen interior mobil yang mudah kotor. AC yang penuh debu tidak hanya merusak pemandangan dan kebersihan mobil, tetapi juga mengurangi kualitas udara yang diembuskan. Alhasil, udara dalam mobil jadi terasa kurang sejuk.

Cara membersihkannya adalah dengan mengelap lubang-lubang udara menggunakan lap basah. Bila perlu semprot lap dengan cairan pembersih mobil agar AC terlihat bersih dan mengkilap.

7. Cek Kaca Mobil

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kaca dan spion mobil agar Anda lebih nyaman dan leluasa dalam berkendara. Sebaiknya kaca tak hanya dilap dengan kain basah, tapi juga menggunakan produk khusus seperti cairan pembersih kaca mobil agar kinclong dan bebas jamur.

8. Pasang Parfum dan Penyegar Udara

Sumber : Kompas
Sumber : Kompas
Untuk menghalau bau tak sedap, jangan lupa memasang air freshener atau parfum dengan aroma yang Anda suka di dalam mobil. Pilih pewangi berbahan dasar air karena lebih efektif menghilangkan bau apek. Hindari juga merokok di dalam mobil agar aroma nikotinnya tidak menempel.

9. Selalu Gunakan Vacuum Cleaner

Sumber : Apforce
Sumber : Apforce
Penyedot debu atau vacuum cleaner adalah alat yang wajib ada setiap akan membersihkan interior mobil. Benda ini jauh lebih efektif mengangkat debu dibandingkan dengan cara-cara konvensional seperti memakai lap basah. Pilihlah jenis vacuum cleaner yang ringan, ramping, dan bisa menjangkau sela-sela di bagian dalam mobil secara menyeluruh.

Bagaimana, gampang kan membersihkan interior mobil tanpa harus ke salon? Agar proses perawatannya makin maksimal, jangan lupa gunakan produk pembersih interior mobil terbaik seperti XRainy dari Moormiles!

XRainy adalah pengkilap semi-coating yang diformulasi dari bahan-bahan khusus. Cairan ini akan membuat seluruh bagian mobil tampak bersih, kinclong, dan berefek daun talas hanya dengan sekali poles. Selain praktis dan efektif, harganya juga sangat terjangkau, lho. Mobil pun terlihat seperti baru keluar dari salon!
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM