27 Juni 2019 3:33 pm

Jangan Sampai Telat! Ini Jadwal Perawatan Komponen Mobil Secara Berkala.

Jangan Sampai Telat! Ini Jadwal Perawatan Komponen Mobil Secara Berkala.
Perawatan mobil harus dilakukan secara berkala. Banyak dari kita yang melakukan servis hanya ketika mobil terasa tidak nyaman dipakai. Padahal servis atau perawatan mobil berkala ini adalah hal yang sangat penting. Tujuannya adalah menjaga mobil selalu dalam kondisi prima, awet dan tidak bermasalah saat digunakan.

Beberapa perawatan salah satunya adalah penggantian suku cadang yang wajib dilakukan pemilik mobil. Karena suku cadang tersebut memiliki masa pakai yang dianjurkan oleh pabrikan. Penggantian suku cadang yang terlambat dapat menimbulkan masalah terhadap performa mobil itu sendiri.

Nah, apa saja komponen mobil yang wajib diganti secara berkala?

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin dan menjaga bagian dalam mesin bekerja dengan baik. Oli mobil harus diganti setiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Salah satu cara mengetahui oli mobil sudah harus diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan dan rasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah saatnya mengganti oli mobil.

2. Busi

Busi berfungsi untuk memantik api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika busi sudah kotor dan perlu diganti sebaiknya lakukan segera. Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 km dan 50.000 km.

3. Kanvas Rem

Penggunaan mobil sehari-hari ditambah kondisi berkendara dikota yang sering berhenti membuat kanvas rem bekerja keras. Penggantian komponen ini biasanya disesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin kendaraan atau setiap 20.000 km sekali pemeriksaan.

4. Kanvas Kopling

Tips ini berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Jika kanvas kopling Anda sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Persneling yang sulit dipindah merupakan salah satu indikasi kampas kopling mobil Anda mulai aus. Penggantian kanvas kopling disarankan saat memasuki 10.000 dan 50.000 km atau pemeriksalah setiap perawatan rutin mobil.

5. Aki

Aki merupakan bagian penting dalam mobil. Pasokan listrik dari aki mampu membuat seluruh fungsi mobil bekerja secara normal. Hal paling mudah untuk merawat aki mobil adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat.

6. Lampu

Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil Anda secara rutin. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah di jalan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda berada dalam kondisi normal. Umur pakai lampu saat ini rata-rata 1,5 tahun maksimal penggunaan

7. Filter

Setiap filter di kendaraan memiliki usia pakai yang relatif rendah. Fungsinya untuk menjaga kualitas bahan yang digunakan kendaraan sesuai standar dan berjalan sebagaimana fungsinya. Filter yang kerap diganti biasanya filter oli, filter bahan bakar, filter udara dan filter pendingin kabin kendaraan. Rata-rata filter tersebut diganti setiap 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan 50.000 km.

Itulah beberapa poin yang harus diperhatikan dalam rangka perawatan mobil Anda. Dengan melakukan servis atau perawatan secara berkala, bukan hanya mobil Anda terjaga dengan baik tetapi juga menjaga keselamatan Anda sekeluarga dalam berkendara serta meningkatkan nilai ekonomis mobil ketika akan dijual kembali. Untuk itu servis-lah mobil Anda secara rutin dan terjadwal dibengkel mobil yang sudah terpercaya.
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM