24 Juni 2019 3:51 pm

Lakukan Sebelum Terlanjur! Ini Cara Hindarkan Mobil Dari Jamur!

Lakukan Sebelum Terlanjur! Ini Cara Hindarkan Mobil Dari Jamur!
Mobil jamur atau bercak pada bagian kaca maupun bodi akan membuat penampilan mobil menjadi tidak sedap dipandang. Biasanya akan mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi jika jamur terletak di bagian kaca mobil, penglihatan sopir menjadi tidak sempurna. Cara menghilangkannya harus menggunakan cairan khusus.

Agar terhindar dari masalah itu sebenarnya Anda masih bisa melakukan pencegahan. Tentunya, dengan cara merawat kaca dan bodi mobil yaitu harus rajin mencuci dan mengelap kaca maupun bodi mobil sampai benar-benar kering. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan air yang menempel di kaca dan bodi mobil kering dengan sendirinya. Karena akan menyebabkan kaca dan bodi cepat berjamur atau timbul bercak (waterspot).

Apabila kena hujan, bilas dulu menggunakan air dan bersihkan menggunakan lap sampai benar-benar kering. Akan tetapi, jika kaca atau bodi mobil sudah terlanjur kena jamur, tidak ada jalan selain datang ke salon mobil atau bengkel resmi untuk dibersihkan jamurnya.

Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk membersihkan jamur di mobil, yaitu menggunakan cairan pembersih jamur. Sekarang ini sudah banyak cairan pembersih jamur yang dijual di pasaran.

Namun perlu diingat bahwa jangan sembarangan membelinya, pastikan cairan pembersih jamur yang Anda beli sudah terjamin kualitasnya. Sebelum mobil mengalami jamuran yang parah, alangkah baiknya kita mencegah hal tersebut terjadi. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari hal ini ?

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencegah timbulnya jamur pada mobil :
  1. Pastikan bodi dan kaca kendaraan selalu dalam keadaan bersih. Apabila terdapat sisa makanan atau kotoran, segera bersihkan kotoran tersebut hingga tuntas. Biasakan diri untuk rutin mencuci mobil secara menyeluruh dapat menguntungkan Anda dari banyaknya pengeluaran yang Anda butuhkan apabila mobil jamuran.
  2. Bodi dan kaca mobil selalu dalam keadaan kering. Jamur pada mobil bisa saja berasal dari bercak air yang tersisa. Oleh karena itu untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kain dengan daya serap tinggi setelah mencuci mobil agar cepat kering.
  3. Bilas mobil langsung setelah kehujanan. Selain dapat membuat permukaan mobil lembab, zat asam yang dikandung air hujan dapat merusak lapisan cat mobil. Apabila tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jamur.
  4. Parkirlah di tempat yang tidak lembab dan tidak terlalu panas sehingga mobil tetap berapa pada kondisi terbaiknya. Sembarangan dalam memilih tempat parkir, seperti di tempat yang lembab, dapat membuat debu dan kotoran menempel. Jika dibiarkan terlalu lama, kaca maupun bodi mobil akan cepat berjamur.
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM