28 Juni 2019 2:22 pm

Ingin Ban Tetap Awet? Begini Caranya!

Ingin Ban Tetap Awet? Begini Caranya!
Ban merupakan salah satu faktor penunjang kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Walaupun posisinya berada paling bawah dari bodi kendaraan, ban merupakan salah satu komponen paling penting. Tanpa ban, mobil tidak bisa berjalan atau melaju. Namun kebanyakan dari pemilik kendaraan menyepelekan atau bahkan tidak peduli dalam merawat ban mobil. Tidak sedikit yang masih tetap menggunakan ban lama meski sudah terlihat tipis tak berulir lagi. Sama seperti komponen mobil lainnya, ban juga butuh perhatian dan perlu dirawat secara rutin. Bila Anda jarang merawat ban mobil, dapat membuat umur pemakaian ban menjadi lebih singkat dan mudah rusak.

Sebenarnya merawat ban mobil itu sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan ban sebaiknya mulai dilakukan ketika ban baru terpasang di-velg, jadi jangan menunda berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Dengan perawatan yang tepat, ban mobil bisa bertahan lama. Anda pun tidak perlu sering-sering mengganti ban dan dipusingkan dengan harga ban yang cukup tinggi.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga agar ban mobil Anda tetap dalam kondisi baik:

1. Cek tekanan angin

Ban kurang angin Ini bisa menyebabkan masalah cukup serius, jika terjadi maka Anda tidak diperkenankan untuk mengangkut bobot berlebihan. Ban kurang angin juga bisa mengakibatkan hilang kontrol dan kecelakaan. Karena itu, ada baiknya melakukan pengecekan angin secara berkala dan isi kembali jika kurang. Pengisian bisa dilakukan sesuai buku manual atau yang terdapat pada pintu mobil.

2. Hindari melintas di jalan yang rusak

Jalanan yang tidak rata atau rusak akan membuat ban mobil menanggung beban yang cukup tinggi. Apalagi jika mobil harus melaju di jalan yang penuh bebatuan dan cukup tajam. Maka dapat dipastikan jika kondisi jalan seperti ini akan membuat ban mobil Anda cepat tipis dan rusak.

Sebaiknya hindari jalanan rusak jika ada pilihan jalan lain yang lebih bagus. Apabila tidak ada pilihan lain, Anda bisa lebih berhati-hati ataupun mengurangi kecepatan ketika sedang melaju di jalanan yang rusak. Selain itu, pilihlah ukuran ban yang sesuai dengan standar mobil Anda. Cara ini cukup efektif untuk menjaga ban kendaraan agar tidak cepat rusak.

2. Hindari melaju dengan Kecepatan di atas rata-rata

Jika Anda berkendara dengan kecepatan diatas rata-rata, hal tersebut tentunya akan memberi beban berlebih pada ban. Adanya gesekan yang tercipta karena pengguna kendaraan melaju pada kecepatan tinggi bisa mengakibatkan pengikisan pada lapisan ban bagian luar dengan lebih cepat.

Jika pengguna kendaraan melewati jalanan yang sedikit kasar atau bebatuan, hal tersebut juga membuat beban yang harus ditanggung ban akan semakin tinggi. Lebih baik melaju dengan kecepatan pada umumnya. Selain membuat ban mobil Anda lebih awet, berkendara dengan cara ini juga akan jauh lebih aman.

3. Hindari rem mendadak

Mengerem secara mendadak dapat mengikis ban mobil secara cepat. Oleh karena itu kurangi kecepatan ketika berkendara, selain itu jangan melaju terlalu kencang.

5. Selalu cek kondisi ban

Memeriksa kondisi ban secara rutin untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban. Untuk mempermudah, lakukan pemeriksaan sisi luar ban untuk memastikan apakah ban masih dalam kondisi layak pakai atau tidak. Cara ini juga dapat membantu untuk menghindari kecelakaan atau kurangnya angin ban di tengah jalan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga agar ban mobil Anda tetap dalam kondisi baik. Jika Anda memang ingin melakukan perjalanan terlebih jarak jauh, ada baiknya dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan oleh professional untuk memastikan kondisi ban layak pakai.

Dengan memeriksa kondisi ban secara rutin, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban dan jika sudah waktunya untuk mengganti ban mobil, maka carilah ban yang memang sesuai dengan kendaraan Anda, baik dalam hal ukuran maupun kualitasnya.
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM