24 Juni 2019 11:40 am

Perlukah Perlindungan Cat Mobil (Paint Protection)? Ini Alasannya!

Perlukah Perlindungan Cat Mobil (Paint Protection)? Ini Alasannya!
Saat ini, perlindungan terhadap cat mobil atau biasa disebut paint protection menjadi sebuah keharusan bagi pemilik kendaraan mobil dan sejenisnya. Pengaruh terik sinar matahari, air hujan, pemilihan sabun mobil yang tidak tepat dan adanya kandungan garam pada air disekitar dapat mempercepat pemudaran cat pada mobil. Maka dari itu paint protection sangat penting untuk sebuah mobil. Selain itu gesekan atau goresan dari berbagai benda tajam juga dapat membuat cat mobil rusak. Dengan adanya perlindungan cat pada mobil akan membuat cat mobil tetap awet dan tidak berubah warna (memudar).

Bagi Anda yang ingin melakukan paint protection, akan lebih baik apabila mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang paint protection. Karena banyak sekali jenisnya dan cara pemakaiannya yang berbeda beda. Sehingga Anda dapat memutuskan paint protection seperti apa yang cocok untuk mobil Anda.

Pengertian Paint protection adalah senyawa kimia yang diaplikasikan di atas permukaan clear coat (varnish) yang fungsinya adalah memberikan perlindungan terhadap kerusakan-kerusakan ringan seperti baret halus, oksidasi dan kotoran-kotoran yang dapat mengurangi keindahan cat mobil Anda. Ada tiga cara melindungi cat mobil yaitu wax, sealant dan coating :
1. Wax
Wax adalah cara perawatan mobil dengan memberi lapisan wax di atas lapisan clear coat cat mobil. Dengan lapisan serupa lilin ini, membuat clear coat lebih terlindungi. Wax usia pakainya singkat karena lapisan wax bisa hilang dalam 3-5 kali proses pencucian mobil. Ketika hilang proses wax ini perlu dilakukan kembali agar cat tetap terlindungi. Bila tidak, jamur atau water spot akan mudah hinggap di permukaan cat mobil Anda. Wax yang banyak beredar umumnya menggunakan bahan alami seperti carnauba, montan, dan paraffin.

2. Sealant
Sealant adalah cara perawatan mobil dengan memberikan proteksi berupa coating instan pada permukaan cat mobil. Proteksi cairan sealant ini terhadap permukaan cat bersifat sementara, dalam waktu kurang lebih tiga bulan akan hilang. Umumnya, cairan sealant ini dibuat menggunakan bahan sintetik.

3. Coating
Coating merupakan cara perawatanmobil untuk memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil Anda. Dalam proses coating, cat mobil diberi lapisan pelindung bening yang dibuat dengan teknologi nano ceramic. Lapisan coating ini mampu menyusup hingga ke pori­-pori clear coat cat mobil dan memberikan lapisan perlindungan yang kuat. Memberikan perlindungan cat mobil dari goresan, kotoran, dan jamur. Dibanding wax dan sealant, masa perlindungan coating ini lebih lama.

Itulah beberapa jenis paint protection yang paling sering menjadi pilihan para pemilik mobil. Kalau Anda pilih yang mana ? Pilihlah paint protection yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Pastikan memilih tempat pelapisan cat mobil yang sudah terpercaya dan direkomendasikan. Semoga informasi di atas dapat membantu memilih perlindungan cat mobil yang tepat untuk mobil Anda.
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM