24 Juni 2019 11:43 am

Seing Dilakukan! Ini Kesalahan Saat Mencuci Tanpa Air (Waterless)

Seing Dilakukan! Ini Kesalahan Saat Mencuci Tanpa Air (Waterless)
Kegiatan mencuci mobil kurang lengkap jika tanpa menggunakan sumber air. Mencuci mobil membutuhkan banyak air untuk membasahi, mencuci, dan membilas mobil. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini ada metode mencuci mobil yang lebih ramah lingkungan karena hanya membutuhkan sedikit air atau bahkan tanpa air sama sekali, yang kerap disebut dengan waterless.

Cuci waterless tidak harus ke salon mobil, Anda bisa dengan mudah dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan cairan pencuci mobil khusus yang terbuat dari bahan kimia. Cairan pencuci ini bisa mengikat kotoran mobil dan membawanya sehingga kotoran bisa hilang dari permukaan mobil. Penggunaannya mudah sekali, hanya tinggal menyemprot cairan tersebut ke badan mobil lalu badan mobil dilap menggunakan kain khusus yang lembut.

Tetapi meski mudah, namun masih banyak yang salah dalam mengaplikasikan cairan ini sehingga tidak bisa merasakan hasilnya. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan saat mencuci tanpa air (waterless) :

1. Menggunakan terlalu banyak.
Banyak yang beranggapan semakin banyak cairan yang digunakan akan membuat mobil semakin bersih dan kinclong. Tidak seperti itu ya. Sebaiknya penyemprotan dilakukan secara merata dan cukup. Tidak terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, karena kalau sedikit dikhawatirkan kotoran tidak terangkat semua oleh cairan tersebut.

2. Tidak mengaplikasikan per panel
Cara pakai yang benar adalah mengaplikasikan cairan per panel. Sebaiknya dimulai dari bagian atas mobil karean bagian ini cenderung lebih bersih dibanding bagia bawah mobil yang kerap terkena debu dari jalanan. Jadi penggunaannya satu panel ke panel lainnya berurutan hingga bodi mobil bersih secara keselurahan dan merata. Mengelapnya harus searah agar tidak merusak bagian mobil.

3. Memakai 1 lap
Usahakan menyiapkan 2 lap yaitu lap 1 untuk membersihkan kotoran dan lap 2 untuk mengeringkan. Tujuannya adalah agar hasil maksimal, body mobil jadi bersih dan kinclong.

4. Tidak mencuci lap ketika kotor
Gunakan lap yang yang bersih dan pastikan tidak ada minyak atau pasir yang melekat pada lap karena akan berpotensi untuk merusak cat. Apabila lap kotor bisa dicuci dulu kemudian baru digunakan.

5. Terlalu lama menunggu hingga kering
Setelah permukaan setengah kering, langsung dikeringkan pakai lap yang bersih dan kering.

Ingat, semudah atau segampang apapun, bisa tidak maksimal atau malah gagal jika tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan. Untuk itu, sebelum melakukan waterless, baca petunjuk jika memang belum pernah melakukannya.
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM