16 November 2019 2:01 pm

Kaca Mobil Terkena Jamur? Ini Dia Cara Ampuh Hempas Jamur Seketika!

Kaca Mobil Terkena Jamur? Ini Dia Cara Ampuh Hempas Jamur Seketika!
Memilih cairan pembersih kaca mobil terbaik bisa jadi cara yang efektif untuk cegah pertumbuhan jamur.

Selain debu, jenis kotoran yang cukup sering menempel di kaca mobil adalah jamur. Jamur biasanya muncul karena faktor lembap, misalnya saat musim hujan atau ketika bekas makanan/minuman tidak dibersihkan dengan sempurna.

Selain menjadikan tampilan mobil terlihat kusam dan kotor, jamur yang menempel di kaca depan atau jendela mobil juga pasti akan mengganggu kenyamanan Anda selama mengemudi. Jangan khawatir, berikut ada tips mencegah jamur pada kaca mobil yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Minuman Bersoda

Sumber : timesjakarta.com
Sumber : timesjakarta.com
Debu, kotoran, dan sisa-sisa air hujan yang menempel dan tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jamur pada kaca dan bagian mobil lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan rumahan seperti minuman bersoda.

Minuman bersoda mengandung senyawa aktif yang efektif membersihkan jamur dan bercak membandel pada kaca. Bahan ini juga efektif untuk menghilangkan karat pada material seperti besi.

2. Cairan Pembersih Kaca Mobil

Sumber : Mobilmo
Sumber : Mobilmo
Agar jamur bisa hilang dengan tuntas, Anda lebih disarankan memakai cairan pembersih kaca yang banyak dijual di pasaran. Biasanya produk semacam ini punya kandungan khusus yang tidak menimbulkan efek baret pada permukaan kaca.

Namun, terlebih dulu cek jenis kaca mobil Anda. Jangan pernah gunakan produk pembersih jika mobil Anda menggunakan kaca premium dari Eropa atau Jepang. Kaca mobil produksi mereka umumnya sudah terlapisi dengan bahan yang justru akan menimbulkan bercak putih saat terkontaminasi dengan cairan pembersih jamur.

3. Pakai Rendaman Tembakau

Sumber : Codecraft
Sumber : Codecraft
Ya, kaca mobil yang berjamur ternyata bisa diatasi dengan air rendaman tembakau, lho. Caranya juga sangat gampang. Cukup rendam beberapa lembar daun tembakau ke dalam seember air dingin yang diambil langsung dari keran/sumur.

Rendam daun tembakau sekitar 15 menit. Bersihkan dulu kaca mobil dengan wiper dan biarkan mengering, baru kemudian ulangi pembersihan dengan menggunakan rendaman tembakau tadi. Gosok pelan pada bagian kaca yang berjamur sampai bersih. Bilas dan keringkan dengan kanebo atau lap khusus.

4. Gunakan Pasta Gigi

Sumber : Tribunnews
Sumber : Tribunnews
Selain murah dan mudah didapat, pasta gigi juga bisa jadi alternatif yang efektif untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Anda bisa menggunakannya ketika kehabisan stok cairan pembersih kaca mobil di rumah.

Cara mengaplikasikannya juga mudah. Bersihkan dulu kaca dari debu dan kotoran. Selanjutnya oles dan gosokkan pasta gigi pada permukaan kaca dengan lembut. tambahkan sedikit air agar proses pembersihannya lebih maksimal. Bilas dengan air bersih lalu keringkan.

Bagaimana Jika Jamur Tumbuh di Karet Kaca Mobil?


Sumber : Viva
Sumber : Viva
Jamur tidak hanya tumbuh di permukaan kaca, tapi juga bagian karet di sisi samping maupun belakang kaca (spion). Untuk itu Anda perlu menerapkan teknik khusus, yaitu:

- Campurkan cairan pembersih kaca mobil dengan air hangat dan masukkan ke dalam botol semprot.
- Semprotkan cairan pembersih langsung mengarah ke karet mobil. Idealnya makin tebal jamur, makin kencang pula semprotannya.
- Gosok bagian yang berjamur dengan menggunakan sikat gigi. Celupkan sikat gigi pada cairan pembersih sesering mungkin.
- Jika jamur sudah betul-betul bersih, segera bilas dan keringkan menggunakan kain bersih dan angin-anginkan mobil setidaknya 1-2 jam.

Tips Mencegah Jamur pada Kaca Mobil

Sumber : Krjogja
Sumber : Krjogja
Untuk menghindari timbulnya jamur pada kaca mobil, berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda tiru dan praktikkan:

- Jangan Tinggalkan Sampah dalam Mobil Jamur bisa tumbuh karena bekas makanan atau minuman yang tak kunjung dibersihkan.
Maka dari itu, pastikan kondisi kendaraan Anda selalu bersih dan bebas sampah. Sebisa mungkin selalu bersihkan interior mobil setelah dipakai. Selain kaca, cek juga bagian jok dan karpet. Jika ada tumpahan makanan/minuman, bersihkan segera dengan air atau cairan pembersih mobil untuk mencegah munculnya jamur.

- Pastikan Sirkulasi Udara Lancar Mobil yang lembap sangat rentan terkena jamur dan bau apek.
Pastikan sirkulasi udara di dalamnya cukup lancar. Jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama, sesekali nyalakan AC mobil atau buka seluruh pintu agar udara masuk. Ini penting demi menjaga bagian dalam mobil tetap kering dan bebas jamur.

- Cek Karet Kaca secara Berkala Tumbuhnya jamur biasanya dimulai di sela-sela tersembunyi seperti karet kaca.
Jangan malas untuk mengecek bagian ini secara rutin, terutama pada musim hujan dan kondisi cuaca lembap. Jika Anda mendapati bintik-bintik atau bercak jamur, segera bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kaca mobil.

- Hanya Gunakan Air Bersih Kualitas air juga sangat berpengaruh terhadap kebersihan mobil kesayangan Anda.
Karenanya, hanya gunakan air bersih saat mencuci kendaraan. Hindari memakai air bekas cucian untuk membersihkan mobil karena residu dan kotoran di dalamnya bisa menjadi pemicu timbulnya jamur pada kaca mobil.

- Pastikan Mobil Benar-Benar Kering Pastikan mobil sudah betul-betul kering setelah dicuci sebelum dipakai atau dibungkus kembali menggunakan cover car.
Kebiasaan menutup mobil saat kondisinya masih basah akan menyebabkan jamur tumbuh dengan cepat. Selain mengeringkannya dengan lap bersih, biarkan mobil berada di udara terbuka selama 1-2 jam sampai seluruh bagiannya kering sempurna, terutama di bagian bermaterial kaca dan karet yang mudah berjamur.

Memilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

Sumber : Pelindungmobil
Sumber : Pelindungmobil
Selain menjaga kebersihannya, cara paling efektif agar kaca mobil bebas jamur adalah menggunakan produk pembersih kaca mobil yang bagus. Salah satu merek yang sangat direkomendasikan adalah XRainy dari Moormiles.

Selain melindungi kaca dan seluruh body mobil dari jamur, pembersih yang satu ini juga akan memunculkan efek kinclong, licin, dan mengkilap, sehingga kendaraan terlihat seperti baru. Tambahan filler-nya pun efektif menyamarkan baret sampai 90%. Cocok untuk pemilik mobil yang menyukai kepraktisan seperti Anda.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan, tips mencegah timbulnya jamur pada kaca mobil? Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!
Blog Post Lainnya
MOORMILES.COM